Sekilas tentang Peredam Panas Atap

Produk Ecomat menawarkan solusi ramah lingkungan yang dapat membuat Rumah Anda menjadi lebih adem dan nyaman, serta membantu penghematan energi listrik AC.

Kenyamanan dan penghematan ini bisa anda dapatkan dengan beberapa langkah sederhana menyiasati pengendalian panas pada  rumah anda.

Panas Matahari menyebabkan rumah panas

Atap rumah merupakan bidang besar yang diterpa sinar matahari secara terus menerus sepanjang hari.   Energi panas matahari akan terserap atap / genteng dan masuk ke dalam langit-langit rumah. Hawa  panas yang terperangkap dalam langit-langit rumah ini akan menyebabkan ruangan rumah di bawah langit-langit ikut menjadi panas. Ruangan dari rumah bertingkat yang berada pas di bawah atap akan paling terasa panasnya sehingga gerah tidak nyaman ditempati terutama saat siang atau sore hari.

Apabila anda mempunyai AC, untuk mendinginkan ruangan rumah yang panas ini diperlukan AC dengan daya yang lebih besar dan proses pendinginan yang lebih lama sehingga berujung pengeluaran listrik yang besar.

Transfer Panas

Ada beberapa hal yang mempercepat proses transfer panas dari atap / genteng ke ruangan rumah misalnya :

Bahan baku Genteng / Seng yang bersifat konduktif, ruangan rumah yang tidak mempunyai langit-langit, design rumah dengan langit-langit yang rapat dengan atap / genteng atau bahan atap dan langit-langit yang mudah mentransfer panas.

Truss Baja Ringan membantu transfer panas

Sejalan dengan perkembangan jaman, pemakaian kayu sebagai bahan kuda-kuda atap mulai ditinggalkan. Bahan Baja Ringan / Truss menjadi populer dengan pertimbangan praktis dan bebas rayap.

Rangka atap baja ringan

Bahan baja ringan yang terbuat dari metal yang merupakan konduktor panas yang ideal untuk transfer panas sehingga  menyebabkan panas dari atap akan semakin cepat sampai ke bawah atap rumah.

Solusi

Berikut adalah solusi sederhana yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kenyamanan bagi rumah anda.

Putuskan Transfer Panas

Pada prakteknya sulit memutuskan transfer panas sampai 100%, namun beberapa cara ini dapat dipergunakan untuk memperlambat transfer panas :

  • Glass wool : panas dari atap diperlambat transfernya oleh glass wool, panas yang terserap dan ditahan tetapi akan dilepaskan setelah suhu sekitar turun lebih rendah dari suhu glasswool. Selain meredam panas, glass wool bisa meredam suara hujan juga, namun ada faktor negatif yang perlu dipertimbangkan yaitu debu halus serat fiber yang harus ditangani secara khusus supaya tidak terhirup oleh manusia.
  • Pembatas Panas : mempergunakan pemantul panas dari bahan film Metalizing yang bisa memantulkan kembali panas yang diterima. Dengan memantulkan panas yang diterima ruangan di balik pembatas panas ini terlindungi. Konsep memantulkan panas ini diterapkan NASA pada teknologi pembuatan baju luar angkasa untuk melindungi astronot dari radiasi panas matahari.
Ecomat menggunakan bahan pembatas panas ini untuk  mengurangi transfer panas dari atap / genteng ke ruangan bawah atap.
Sebagai gambaran peredam panas memang berfungsi dengan baik, anda dapat melihat foto demo box simulator panas berikut :
Single Woven - Tanpa Peredam - Bubble
Terdapat perbedaan temperatur antara ruangan yang mempergunakan pemantul panas suhu rata-rata 37 derajat Celsius (ruangan kiri – kanan bawah) dibanding ruangan tengah yang menerima rambatan panas langsung 75.6 derajat Celsius.
Tehnik Pemasangan 
Tehnik pemasangan peredam yang benar akan mengoptimalkan pemantulan panasnya. Celah udara / kosong ideal antara genteng / seng dengan peredam minimal 10 cm.
Turunkan tekanan udara
Penambahan turbin angin atau ventilasi sekitar ujung atas atap akan membantu menurunkan titik jenuh panas peredam panas.

Ecomat Foil mudah dipasang dan awet

Dan selain berfungsi sebagai penolak panas, anda bisa mendapatkan manfaat tidak langsung yang berfungsi sebagai tampias tetesan air hujan akibat kebocoran genteng.

Apabila anda mempunyai pertanyaan sehubungan dengan peredaman panas atap rumah anda, silahkan menghubungi :

email : peredam-ecomat@hotmail.com

SMS : 0812 815 72 62

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: